Selasa, 15 Desember 2015

Tugas Softskill Ke - 3 "Analisis SWOT pada Diri Sendiri dan Web Bisnis"

Nama : Muhammad Yogi
NPM : 58412239
Kelas : 4IA23
Dosen : Dr. Rina Noviana, SKom,. MMSI
Mata Kuliah : Pengantar Bisnis Informatika


Analisis SWOT
(Strengths, Weakness, Opportunities, Threats)

Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.
Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, dimana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.
Teknik ini dibuat oleh Albert Humphrey, yang memimpin proyek riset pada Universitas Stanford pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.

Manfaat SWOT
Metode analisis SWOT bisa dianggap sebagai metode analisis yangg paling dasar, yang bermanfaat untuk melihat suatu topik ataupun suatu permasalahan dari 4 empat sisi yang berbeda. Hasil dari analisa biasanya berupa arahan ataupun rekomendasi untuk mempertahankan kekuatan dan untuk menambah keuntungan dari segi peluang yang ada, sambil mengurangi kekurangan dan juga menghindari ancaman. Jika digunakan dengan benar, analisis ini akan membantu untuk melihat sisi-sisi yang terlupakan atau tidak terlihat selama ini. Dari pembahasan diatas tadi, analisis SWOT merupakan instrumen yang bermanfaat dalam melakukan analisis strategi. Analisis ini berperan sebagai alat untuk meminimalisasi kelemahan yang terdapat dalam suatu perusahaan atau organisasi serta menekan dampak ancaman yang timbul dan harus dihadapi.


Penjelasan komponen analisis SWOT, yaitu :
  1. Strenght (S) yaitu analisis kekuatan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini.  Yang perlu di lakukan di dalam analisis ini adalah setiap perusahaan atau organisasi perlu menilai kekuatan-kekuatan dan kelemahan di bandingkan dengan para pesaingnya. Misalnya jika kekuatan perusahaan tersebut unggul di dalam teknologinya, maka keunggulan itu dapat di manfaatkan untuk mengisi segmen pasar yang membutuhkan tingkat teknologi dan juga kualitas yang lebih maju.
  2. Weaknesses (W) yaitu analisi kelemahan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kelemahan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini. Merupakan cara menganalisis kelemahan di dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi yang menjadi kendala yang serius dalam kemajuan suatu perusahaan atau organisasi.
  3. Opportunity (O) yaitu analisis peluang, situasi atau kondisi yang merupakan peluang diluar suatu organisasi atau perusahaan dan memberikan peluang berkembang bagi organisasi dimasa depan. Cara ini adalah untuk mencari peluang ataupun terobosan yang memungkinkan suatu perusahaan ataupun organisasi bisa berkembang di masa yang akan depan atau masa yang akan datang.
  4. Threats (T) yaitu analisis ancaman, cara menganalisis tantangan atau ancaman yang harus dihadapi oleh suatu perusahaan ataupun organisasi untuk menghadapi berbagai macam faktor lingkungan yang tidak menguntungkan pada suatu perusahaan atau organisasi yang menyebabkan kemunduran. Jika tidak segera di atasi, ancaman tersebut akan menjadi penghalang bagi suatu usaha yang bersangkutan baik di masa sekarang maupun masa yang akan datang.



Analisis SWOT Pada Diri Penulis :

Kekuatan (Strengths)
Kelemahan (Weakness)
           Memiliki kepribadian tanggung jawab dan menempati janji

          Pekerja keras, cepat, dan cermat

  Memiliki pengetahuan Up to Date yang berhubungan dengan Teknologi dan Anime
           Terkadang suka malas dan ceroboh dalam melakukan sesuatu

           Sulit memahami matematika
Peluang (Opportunities)
Ancaman (Threats)
           Pernah bekerja di kantor Walikota Jakarta Timur bagian DIKDAS

           Mengikuti TOEIC Test

           Mengikuti seminar dan workshop yang berhubungan dengan IT
           Suka panik saat Deadline

           Munculnya pesaing yang lebih pro


Analisis SWOT pada Website Funimation

Funimation Entertainment (sebelumnya dikenal sebagai Funimation Productions, dan sering digayakan sebagai FUNimation) adalah sebuah perusahaan hiburan di Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1994 oleh Gen Fukunaga. Perusahaan ini merupakan anak perusahaan dari Navarre Corporation sejak 11 Mei 2005. Funimation memproduksi, memasarkan, dan mendistribusikan anime dan properti hiburan lainnya di Amerika Serikat dan pasar internasional.

Kekuatan (Strengths)
Kelemahan (Weakness)
           Desain website yang bagus

           Powerfull website (Stream, Shop, Discover)

         Akses website tidak berat
           Membership only (Harus Register)

           Berbayar untuk mendapatkan semua Akses (Anime & Shop)
Peluang (Opportunities)
Ancaman (Threats)
          Mendapatkan akses video HD

          Funimation mampu bersaing dengan website anime lainnya walaupun berbayar, dikarenakan layanan yang disediakan Funimation juga menggiurkan
           Banyaknya pesaing dengan Free akses


Sumber :