Nama : Muhammad Yogi
NPM : 58412239
Kelas : 4IA23
Dosen : Dr. Rina Noviana, SKom,. MMSI
Mata Kuliah : Pengantar Bisnis Informatika
Analisis SWOT
(Strengths, Weakness, Opportunities, Threats)
(Strengths, Weakness, Opportunities, Threats)
Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang
digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses),
peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu
spekulasi bisnis. Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari
spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal
yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.
Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan
memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian
menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, dimana aplikasinya adalah bagaimana
kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang
(opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang
mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada,
selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats)
yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses)
yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah
ancaman baru.
Teknik ini dibuat oleh Albert Humphrey, yang memimpin proyek
riset pada Universitas Stanford pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dengan
menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.
Manfaat
SWOT
Metode analisis SWOT bisa dianggap sebagai metode analisis
yangg paling dasar, yang bermanfaat untuk melihat suatu topik ataupun suatu
permasalahan dari 4 empat sisi yang berbeda. Hasil dari analisa biasanya berupa
arahan ataupun rekomendasi untuk mempertahankan kekuatan dan untuk menambah
keuntungan dari segi peluang yang ada, sambil mengurangi kekurangan dan juga
menghindari ancaman. Jika digunakan dengan benar, analisis ini akan membantu
untuk melihat sisi-sisi yang terlupakan atau tidak terlihat selama ini. Dari
pembahasan diatas tadi, analisis SWOT merupakan instrumen yang bermanfaat dalam
melakukan analisis strategi. Analisis ini berperan sebagai alat untuk
meminimalisasi kelemahan yang terdapat dalam suatu perusahaan atau organisasi
serta menekan dampak ancaman yang timbul dan harus dihadapi.
Penjelasan komponen analisis SWOT, yaitu :
- Strenght
(S) yaitu analisis kekuatan, situasi ataupun kondisi yang merupakan
kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini. Yang
perlu di lakukan di dalam analisis ini adalah setiap perusahaan atau
organisasi perlu menilai kekuatan-kekuatan dan kelemahan di bandingkan
dengan para pesaingnya. Misalnya jika kekuatan perusahaan tersebut unggul
di dalam teknologinya, maka keunggulan itu dapat di manfaatkan untuk
mengisi segmen pasar yang membutuhkan tingkat teknologi dan juga kualitas
yang lebih maju.
- Weaknesses
(W) yaitu analisi kelemahan, situasi ataupun kondisi yang merupakan
kelemahan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini. Merupakan
cara menganalisis kelemahan di dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi
yang menjadi kendala yang serius dalam kemajuan suatu perusahaan atau
organisasi.
- Opportunity
(O) yaitu analisis peluang, situasi atau kondisi yang merupakan peluang
diluar suatu organisasi atau perusahaan dan memberikan peluang berkembang
bagi organisasi dimasa depan. Cara ini adalah untuk mencari peluang
ataupun terobosan yang memungkinkan suatu perusahaan ataupun organisasi
bisa berkembang di masa yang akan depan atau masa yang akan datang.
- Threats
(T) yaitu analisis ancaman, cara menganalisis tantangan atau ancaman yang
harus dihadapi oleh suatu perusahaan ataupun organisasi untuk menghadapi
berbagai macam faktor lingkungan yang tidak menguntungkan pada suatu
perusahaan atau organisasi yang menyebabkan kemunduran. Jika tidak segera
di atasi, ancaman tersebut akan menjadi penghalang bagi suatu usaha yang
bersangkutan baik di masa sekarang maupun masa yang akan datang.
Analisis
SWOT Pada Diri Penulis :
Kekuatan (Strengths)
|
Kelemahan (Weakness)
|
Memiliki
kepribadian tanggung jawab dan menempati janji
Pekerja keras,
cepat, dan cermat
Memiliki
pengetahuan Up to Date yang berhubungan dengan Teknologi dan Anime
|
Terkadang suka
malas dan ceroboh dalam melakukan sesuatu
Sulit memahami
matematika
|
Peluang (Opportunities)
|
Ancaman (Threats)
|
Pernah bekerja
di kantor Walikota Jakarta Timur bagian DIKDAS
Mengikuti TOEIC
Test
Mengikuti seminar
dan workshop yang berhubungan dengan IT
|
Suka panik saat
Deadline
Munculnya
pesaing yang lebih pro
|
Analisis
SWOT pada Website Funimation
Funimation Entertainment (sebelumnya dikenal sebagai
Funimation Productions, dan sering digayakan sebagai FUNimation) adalah sebuah
perusahaan hiburan di Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1994
oleh Gen Fukunaga. Perusahaan ini merupakan anak perusahaan dari Navarre
Corporation sejak 11 Mei 2005. Funimation memproduksi, memasarkan, dan
mendistribusikan anime dan properti hiburan lainnya di Amerika Serikat dan
pasar internasional.
Kekuatan (Strengths)
|
Kelemahan (Weakness)
|
Desain website
yang bagus
Powerfull
website (Stream, Shop, Discover)
Akses website
tidak berat
|
Membership only
(Harus Register)
Berbayar untuk
mendapatkan semua Akses (Anime & Shop)
|
Peluang (Opportunities)
|
Ancaman (Threats)
|
Mendapatkan
akses video HD
Funimation mampu
bersaing dengan website anime lainnya walaupun berbayar, dikarenakan layanan
yang disediakan Funimation juga menggiurkan
|
Banyaknya
pesaing dengan Free akses
|
Sumber :